Rabu, 12 November 2014

KRI DEWARUCI "Penuh Sejarah dan Penjelajah Dunia"





Unknown | 23.08 | 0 Comments



Mungkin nama kapal ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Hal ini terjadi karena kapal ini sudah banyak menciptakan sejarah bagi bangsa Indonesia. Meskipun sudah berusia tua namun kapal ini sudah bolak-balik berkeliling dunia dengan membawa misi memperkenalkan budaya Indonesia keseluruh dunia. Kapal ini juga satu-satunya kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

KRI DewaruciKRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut dan Kapal ini berbasis di Surabaya. KRI Dewaruci berukuran panjang 58,5 meter, lebar 9,5 meter, draft 4,50m . Bobot mati 847 ton, dari kelas Barquentine. Kapal ini memiliki 3 tiang utama yaitu tiang Bima, Yudhistira dan Arjuna serta memiliki 16 layar. Selain menggunakan layar, KRI Dewaruci juga menggunakan mesin 986 PK Diesel sebagai alat gerak dengan satu propeler berdaun 4. Kecepatan penuh 10,5 knot dengan mesin, 9 knot dengan layar. Dirancang di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman . Diluncurkan tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.

Tidak saja di dalam negeri, sosok KRI Dewaruci ternyata juga amat dikenal di seantero dunia. Itu karena, dalam setiap pelayarannya ke berbagai kota di dunia, ia kerap dititipi tugas sebagai The Goodwill Ambassador. Keindahannya masih saja menyihir pengagum kebaharian. Tanpa kita ketahui, KRI Dewaruci telah singgah di 200 kota dunia dan berkunjung hingga ke 45 negara. Dengan begitu tak berlebihan jika perjalanannya membukukan pelajaran, kenangan, pengalaman serta kisah yang tak terlupakan. Dalam perjalanan diplomasinya ke 29 kota di 21 negara, kapal jenis kapal layar tiang tinggi atau tall ship ini berhasil menyabet sebanyak 23 penghargaan internasional.Sejak 12 Maret 2010 lalu, KRI Dewa Ruci berlayar menempuh sekitar 27.537 mil menyusuri lautan dan tiga benua. 

sumber:
id.wikipedia.org


By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: