Sabtu, 08 November 2014

Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia





Unknown | 22.55 | 0 Comments



Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan didunia. Tanpa energi ini dunia akan gelap dan manusia akan berhenti beraktivitas. Energi listrik sangat berguna untuk berbagai bidang seperti industri,pendidikan dsb. Listrik akan muncul jika terlebih dahulu melalui suatu pembangkit listrik. Pembangkit listrik itu sendiri dapat berupa/memanfaatkan sumber daya seperti air,udara,panas bumi,dsb untuk memunculkan suatu energi listrik.Berikut merupakan Pembangkit terbesar di Dunia :

  1. Three Gorges Dam
   Three Gorges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) saat ini merupakan bendungan sekaligus pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar di dunia. Dibangun sepanjang 2.3 km menyebrangi Sungai Yangtze, China. Proyek ambisius ini dinilai sebagai proyek terbesar Cina sejak dibangunnya Tembok Besar Cina. Proyek pembangunan bendungan terbesar di dunia ini telah banyak menuai pro dan kontra. Kritik yang muncul terutama datang dari para ahli geologi, ahli biologi dan pemerhati lingkungan.Three Gorges Dam juga merupakan pembangkit dengan sistem clean Energy Production. Dibandingkan dengan pembangkit listrik batubara dengan kapasitas daya listrik yang sama.Kapasitas listrik yang dihasilkan sendiri yaitu  22.500 MW.

     2. Bruce
longtan-130827b.jpg   PLTN Bruce adalah stasiun tenaga nuklir yang terletak di pantai timur Danau Huron . Fasilitas ini mendapatkan namanya dari Bruce County di mana ia berada, di Township Bruce.
Fasilitas ini dibangun secara bertahap antara tahun 1970 dan 1987 oleh korporasi Crown , Ontario Hydro . Pada bulan April 1999 Ontario Hydro dipecah menjadi 5 perusahaan Crown komponen dengan Ontario Power Generation (OPG) mengambil alih semua stasiun pembangkit listrik. Pada bulan Juni 2000, OPG menandatangani perjanjian sewa jangka panjang dengan konsorsium swasta Bruce Power untuk mengambil alih pengoperasian stasiun Bruce. Pada bulan Mei 2001, Bruce Power mulai beroperasi. Kapasitas listrik yang dihasilkan sendiri yaitu 6.830 MW.

 3.   Itapua Dam
  The Dam Itaipu adalah sebuah bendungan air di Sungai ParanĂ¡ terletak di perbatasan antara Brazil dan Paraguay . Nama "Itaipu" diambil dari sebuah pulau yang ada di dekat lokasi konstruksi. Dalam bahasa Guarani, Itaipu berarti "suara dari sebuah batu". Amerika komposer Philip Glass juga menulis sebuah simfoni kantata bernama Itaipu , untuk menghormati struktur. Kapasitas listrik yang dihasilkan sendiri yaitu 14 ribu MW.
  




4. Sayano-Shushenskaya Dam
   The -Shushenskaya Dam Sayano terletak di Sungai Yenisei , dekat Sayanogorsk dalam Khakassia , Rusia . Ini adalah pembangkit listrik terbesar di Rusia dan keenam terbesar pembangkit listrik tenaga air di dunia, dengan pembangkit listrik rata-rata. Nama hukum penuh pembangkit listrik, OJSC [Buka Bersama-Bursa Masyarakat] PS Neporozhny Sayano-Shushenskaya HPP [hydro power plant] , mengacu pada waktu Soviet Menteri Energi dan Ketenagalistrikan Pyotr Neporozhny . Kepala pembangkit listrik Valery Kyari. Kapasitas listrik yang dihasilkan sendiri yaitu  6.500 MW.


  5. Zaporizhzhya
itaipu-130827b.jpg  Zaporizhzhya adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di eropa yang berada di ukraina. PLTN ini dapat menghasilkan listrik sebesar 6000 MW. 







   Dari kelima pembangkit diatas dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan air sebagai pembangkit listrik akan menghasilkan energi listrik yang besar,selain itu air merupakan sumber daya yang dapat diperbarui dan dapat di temukan dan dengan mudah dimanfaatkan untuk memutar turbin agar menggerakkan generator pada pembangkit sehingga dapat menghasilan energi listrik.

sumber:
http://ekky-psikologi08.blogspot.com
liputan6.com


By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: