Senin, 17 November 2014

Wimax Xirka "Chipset Wimax Made In Indonesia"





Unknown | 10.19 | 0 Comments



Mungkin banyak orang yang belum tau bahwa sebenarnya orang Indonesia mampu menciptakan sebuah chipset. Padahal kebanyakan perusahaan IT di negara maju banayak orang Indonesia yang berperan penting dalam Perusahaan tersebut. Kali ini, beberapa kreator IT  muda Indonesia kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam pembuatan chip.

Chipset Wimax Xirka adalah sebuah chip yang dibuat oleh orang Indonesia asli, diluncurkan Agustus 2009. Bukan usaha mudah membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006. Pada 2007, dibentuklah PT Xirka Silicon Technology, dengan investasi awal Rp 20 miliar. Pembagian wewenang dan tugas pun ditentukan: Rudy sebagai chairman, Sylvia sebagai chief executive officer, Trio yang berasal dari ITB memiliki pengalaman bekerja di Chip Design House di Fukuoka, Jepang, yang bertanggung jawab menangani chip design beberapa perusahaan multinasional. Dia  sebagai direktur chipset design.Sedangkan Eko yang dulu pernah menjadi Distinguished Senior Engineer di Sony Semiconductor, Jepang ,sebagai direktur pengembangan bisnis. Kuartet ini masih didukung tenaga ahli sekitar 60 engineer lokal. 

Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax.  Untuk fixed wimax telah diluncurkan pada Agustus 2009. Sedangkan mobile wimax diluncurkan pada quartal keempat 2009. Xirka chipset generasi pertama – berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai dengan standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005 akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2010. Saat ini, Xirka memiliki engineer-engineer yang andal yang terbagi dalam 4 bidang yaitu, Architecture Designer, System Modeling, Prototyping, dan Medium Access Control (MAC). Dengan disiplin dan kerja keras, serta  kerjasama yang baik maka Xirka siap menjadi pemain IT global.




Sumber :
indonesiaproud.wordpress.com
zepbees.wordpress.com
 


By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: