Rabu, 26 November 2014

Sistem Operasi BandrOs "Sistem Operasi Mobile Ciptaan Indonesia"





Unknown | 11.12 | 0 Comments



Pasti kalian yang sangat menyukai tentang TI sudah tak asing dengan yang namanya sistem operasi. Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi sekarang ini yang terkenal adalah windows,linux,dan untuk smartphone adalah masih boomingnya android. Sistem operasi itu semua adalah buatan dari luar negeri. Namun taukah kalian bahwa Indonesia juga memiliki sistem operasi yang konon tidak bisa disadap oleh orang lain. Bagi kalian yang belum tau sistem operasi apa itu,maka akan saya jelaskan hal itu.

Sistem operasi itu bernama BandrOs, Sistem operasi ini merupakan kependekan dari Bandung Raya Operating System. Sistem operasi mobile ini dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). BandrOS dikembangkan sejak tahun 2010.Dalam mengembangkan BandrOs dibutuhkan dana sekitar 50 juta. Sistem operasi ini dikembangkan untuk mengakomodasi keperluan umum seperti game, messaging, dan sebagainya. Namun, kelebihan BandrOS adalah kemampuan mendukung keperluan khusus seperti peringatan dini bencana dan anti sadap.

  
Salah satu aplikasi yang dikembangkan saat ini adalah aplikasi untuk tujuan peringatan dini bencana. Aplikasi ini belum ada namanya. Namun, direncanakan, dengan aplikai ini pengguna bisa menerima peringatan dini bencana dan melaporkan ancaman dan kejadian bencana serta dampaknya.

LIPI juga mengembangkan aplikasi yang bertuuan untuk mencegah penyadapan. Aplikasi ini nantinya bisa bermanfaat bagi kalangan intelijen. Aplikasi lain yang sedang dikembangkan adalah yang bertujuan mendukung e-office, ditargetkan untuk kalangan perkantoran, serta aplikasi lain untuk mendukung pemilihan umum.










Sumber :
dishub-diy.net
sains.kompas.com 




By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: